Phone & WA: 0821 4252 1800 | LINE: meterdigital.com | E-mail: info@meterdigital.com

Pengukuran True RMS (Root Mean Square)

Saat arus beban tidak terpengaruh oleh distorsi, clamp meter tipe nilai rata-rata (averaging) dan True RMS menunjukkan nilai yang hampir sama sekitar 10A seperti gelombang konstan seperti yang terlihat pada gambar.
Namun, ketika arus beban terpengaruh oleh distorsi seperti inverter, dll..clamp meter tipe rata-rata (averaging) menunjukkan nilai 5.5A bukannya 9.7A dan clamp meter True RMS menunjukkan nilai 7.9A bukannya 9.7A dengan gelombang yang tidak teratur.
Karenanya, clamp meter tipe True RMS disarankan untuk pengukuran peralatan yang menggunakan alat kontrol inverter.
Karena penggunaan thyristor, inverter dan alat pengontrol hemat energi lainnya pada kabel listrik sekarang, gelombang arus sering mengandung komponen-komponen harmonik dan terdistorsi dibandingkan dengan gelombang sinus (50/60 Hz).
Alat ukur nilai True RMS dapat mengukur gelombang yang terdistorsi menggunakan fitur True RMS karena gelombang didalamnya di kalkulasi secara terus-menerus. Secara kontras, ketika pengukuran dilakukan dengan alat ukur nilai rata-rata (averaging), kesalahan/error akan dihasilkan pada pengukuran nilai karena alat ukur tidak dapat terus-menerus men-track gelombang yang terdistorsi.

(Dibandingkan dengan alat ukur True RMS, nilai pengukuran untuk nilai rata-rata menghasilkan kesalahan/error lebih dari 30% pada kasus-kasus tertentu).

Sumber: Kyoritsu catalog

true rms