Phone & WA: 0821 4252 1800 | LINE: meterdigital.com | E-mail: info@meterdigital.com

Article

Apa beda kilatan listrik dan ledakan listrik?

Sekitar 77% dari semua kecelakaan kelistrikan diakibatkan oleh kejadian kilatan listrik. Saat kesalahan/error muncul, hasilnya adalah ledakan listrik yang dahsyat. Cahaya dan panas yang dipancarkan dikenal dengan kilatan listrik, dan gelombang tekanan dikenal sebagai ledakan listrik. Kilatan listrik melepaskan gas panas serta energy radian terkonsentrasi hingga empat kali dari suhu permukaan matahari, yang bisa melelehkan logam dan menyebabkan luka bakar akibat radiasi, kerusakan penglihatan mata, serta kerusakan fatal lain.

Apakah Clamp Meter atau Tang Ampere itu?

Clamp meter adalah sebuah alat ukur yang sangat nyaman digunakan yang memberikan kemudahan pengukuran arus listrik tanpa mengganggu rangkaian listriknya. Saat melakukan pengukuran arus listrik menggunakan multimeter, kita harus memotong kabel/memutusnya dan menghubungkan alat ukur tersebut ke rangkaian yang hendak diukur (lihat Fig.1).
Namun jika menggunakan clamp meter/tang ampere, kita dapat mengukur arus dengan hanya meng-clamp kan pada salah satu kabel/konduktor (lihat Fig.2).

Pengukuran True RMS (Root Mean Square)

Saat arus beban tidak terpengaruh oleh distorsi, clamp meter tipe nilai rata-rata (averaging) dan True RMS menunjukkan nilai yang hampir sama sekitar 10A seperti gelombang konstan seperti yang terlihat pada gambar.
Namun, ketika arus beban terpengaruh oleh distorsi seperti inverter, dll..clamp meter tipe rata-rata (averaging) menunjukkan nilai 5.5A bukannya 9.7A dan clamp meter True RMS menunjukkan nilai 7.9A bukannya 9.7A dengan gelombang yang tidak teratur.
Karenanya, clamp meter tipe True RMS disarankan untuk pengukuran peralatan yang menggunakan alat kontrol inverter.

Apakah pH Meter itu?

PH meter adalah alat ukur elektronik yang digunakan untuk mengukur kadar pH (keasaman atau alkalinitas) dari sebuah cairan (meski probe khusus kadang digunakan untuk mengukur kadar pH zat setengah padat). Umumnya pH meter terdiri dari probe pengukur khusus (elektroda kaca) yang terhubung dengan meter elektronik yang mengukur dan menampilkan hasil pembacaan pH.